Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru

Mirip ikan arwana, sarang burung walet dianggap sebagai makanan mewah hingga bergengsi di negara Asia. Harganya bisa setara dengan mobil baru.
Selama puluhan tahun, bisnis sarang burung walet jadi usaha yang menjanjikan serta menguntungkan. Tak hanya populer diolah ke dalam berbagai jenis makanan saja. Tapi sarang burung walet ini digunakan sebagai hadiah hingga produk perawatan kulit.

Dilansir dari INSIDER (20/03), sarang burung walet ini hanya bisa ditemukan di Asia Tenggara dan Asia Timur. Sarang burung walet terbentuk dari air liur burung walet yang dibuat sarang dan bisa dimakan. Berikut beberapa alasan mengapa harga sarang burung walet fantastis mahalnya di pasaran.

1. Sejarah Sarang Burung Walet

Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru

Selama ratusan tahun orang-orang China yang tinggal di China, Taiwan, Hong Kong hingga Singapura sudah merebus dan memakan sarang burung walet. Sarang burung ini dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit hingga mencerahkan kulit.

“Menurut saya, tidak ada yang tahu pasti tentang sejarah awal mengapa seseorang merebus dan menyantap sarang burung walet,” jelas Justin Chiam, selaku pemilik dari The Purest Co, produsen sarang burung walet di Singapura.

Tapi menurut legenda, saat itu ada bangsawan China yang terobsesi untuk awet muda. Ia kemudian mengirim orang ke penjuru dunia, dan menemukan sarang burung walet di Indonesia.

2. Terbentuk Secara Alami

Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru

Kebanyakan tumbuhan hingga hewan yang berharga fantastis, memiliki populasi yang langka sampai proses pembuatan yang sulit. Seperti sarang burung walet contohnya. Sarang burung ini sangat populer di Asia terutama di budaya kuliner China.

Meski begitu industri sarang burung walet juga bisa ditemukan di Indonesia. Seperti di kaswasan Samuda, Kalimantan Tengah. Sejak dulu kawasan ini terkneal sebagai penghasil sarang burung walet.

Sarang burung walet terbentuk secara alami dari air liur burung walet liar. Meskipun terkesan menjijikkan tapi sarang burung walet memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Sarang burung walet mengandung beberapa nutrisi penting seperti protein, kalsium, zat besi, kalium dan magnesium.

3. Proses Pembentukan yang Cukup Lama

Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru

Proses pembentukan sarang burung walet ini tak sebentar. Butuh waktu sekitar empat bulan hingga sarang burung bisa diambil, setelah tekstur air liurnya menjadi keras.

Tak hanya menggunakan metode peternakan saja. Sarang burung walet juga bisa ditemukan di alam bebas. Biasanya para petani akan menemukannya di bagian dalam gua yang lembab dan gelap. Tingginya permintaan pasar akan sarang burung walet, membuat orang-orang mulai beternak sarang ini. Mereka menggunakan atap bangunan yang tinggi hingga bangunan kosong, untuk membentuk lingkungan ideal dalam memproduksi sarang burung walet.

4. Industri yang Menggiurkan

Sarang Burung Walet Harta Karun RI

Menurut H. Anang, salah satu pengusaha sarang burung walet di Samuda. Ia bisa mengantongi omzet hingga Rp 700 juta dalam sekalin panen sarang burung walet.

Sementara itu di Malaysia, estimasinya ada sekitar 30,000 produsen sarang burung walet. Industri ini menyumbang sekitar SGD 400 juta atau sekitar 4 triliun rupiah untuk ekonomi di Malaysia.

5. Seharga Mobil Baru

S

Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baru

arang burung walet kisaran harganya cukup beragam. Rata-rata sarang burung walet dilepas di angka $2,600 (Rp 37,5 juta) per kilogram.

Sementara untuk jenis ‘blood nest’, atau sarang burung walet yang berwarna merah. Harganya jauh lebih mahal dan fantastis, bahkan setara dengan mobil baru. Yaitu Sekitar $7,400 (Rp 107 juta) per kilogramnya.

Harganya mahal karena warna merah dari sarang burung walet yang diciptakan oleh mineral di dalam sana. Saat sarang burung tersebut berada di lingkungan yang berbeda.

Blood nest ini juga dijual secara eceran. Untuk sarang burung seberat 9 gram saja, orang-orang harus mengeluarkan uang sekitar (Rp 1,1 juta).

Di Indonesia sendiri, sarang burung walet jadi harta karun milik negara yang nilainya ditaksir mencapai Rp 500 triliun.

Artikel ini telah tayang di Detik.com dengan judul
“Ini Alasan Mengapa Air Liur Burung Walet Bisa Seharga Mobil Baruk?”, Baca Selengkapnya disini